Tuesday, February 22, 2011

PLN - Cek Tagihan/Rekening online

Sekarang memang sudah era i7 (intel) dan phenom II (AMD). Semua harus cepat dan otomatis, nggak terkecuali juga soal tagih-menagih atau hutang piutang.Berkaitan dengan tagih-menagih, tagihan listrik adalah menjadi vital bagi mayoritas penduduk Indonesia bahkan mungkin di dunia.
Kalau sebelum tahun 2009 sebagian kita sama sekali belum bisa menebak berapa tagihan listrik untuk bulan ini, sebelum mendatangi kantor PLN atau kolektor yang datang (di daerahku kebanyakan pembayaran listrik ditagih oleh kolektor dari rumah ke rumah, tentunya dengan biaya tambahan sebagai transportasi). 
Nah, kalau sekarang kita sudah bisa cek melalui internet atau dengan layanan sms, wah otomatis bukan?.
Setiap daerah distribusi mempunyai situs masing-masing, nah, otomatis juga kan?.
Untuk situs-situsnya dibawah akan saya copas dari http://gadgetplus.wordpress.com/2009/04/24/cek-rekening-listrik-di-internet-yuk/

Monggo......

Cek Rekening Listrik di Internet Yuk…

Oleh gadgetplus
Sekarang kita dapat melihat tagihan listrik kita melalui internet. Pertama kali siapkan ID Pelanggan rekening listrik rumah anda. ID pelanggan terdiri dari 12 digit angka (hanya angka, bukan kombinasi huruf dan angka). Inilah alamat situs (link) di web di beberapa daerah distribusi PLN.
Kalimantan

Sulawesi dan Maluku

Jawa, Bali dan Nusa Tenggara

Sumatera

Papua dan Irian belum tersedia

Di samping itu terdapat pula layanan iSMS, yaitu menge-cek tagihan listrik melalui SMS dengan cara:
Pengiriman permintaan melalui SMS dengan cara berikut : Ketik  : Rek Nomor ID-Pelanggan dan kirim ke 8123 (Indosat, Telkomsel, TelkomFlexi, Mobile-8 Fren)) atau 5123
Setelah permintaan terkirim dalam beberapa saat akan dikirim balasan yang menginformasikan jumlah besar tagihan rekening listrik.
Biaya yang diperlukan untuk SMS Billing terdiri dari 2 type yaitu :
  • Member (Anggota), biaya yang dikenakan adalah Rp 500,- (Lima Ratus Rupiah) per transaksi. Untuk menjadi pelanggan dapat mengirim SMS registrasi sbb : Ketik : PLN on Nomor ID-Pelanggan,
  • Service on Demand (SOD), biaya yang akan dikenakan sebesar Rp 700,- (Tujuh Ratus Rupiah) per transaksi.
Untuk rekening bulan yang telah lewat/Informasi Rekening Bulan-bulan yang lalu : Rek ID Pelanggan bulan tahun
Layanan SMS Billing ini berlaku untuk seluruh Indonesia.

1 comment:

  1. Untuk wilayah Jambi kapan Bossss,,,, kq masih kosong.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik.Kritik dan saran demi kemajuan blog ini akan saya terima dengan senang hati.Jangan lupa untuk Follow blog saya supaya lebih semangat belajar ngeblog.
Terime kaseh