Tuesday, November 10, 2015

CITA-CITA NKRI (PENDIDIKAN PANCASILA)

 CITA-CITA NKRI

Cita-cita NKRI adalah terwujudnya adanya negara yang bersatu, berdaulat adil dan makmur. Dengan rumusan yang singkat cita-cita NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 .(Fungsi dan Tujuan NKRI)
Semangat Nasionalisme dan Patriotisme
1.  Nasionalisme
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, nasionlaisme yaitu paham kebangsaan yang mengandung makna kesadaran dan semangat cinta tanah air; memiliki rasa kebanggaan bangsa, tau memelihara kehormatan bangsa. Rasa rasionalisme juga identik dengan memiliki rasa solidaritas terhadap musibah dan kekurang-beruntungan saudara setanah air, sebangsa, dan senegara.
Nasionalisme menurut Hertz mengandung empat unsur, yaitu hasrat untuk mencapai kesatuan; hasrat untuk mencapai kesatuan; hasrat untuk mencapai kemerdekaan; hasrat untuk mencapai kehormatan bangsa.
Munculnya nasionalisme terbukti sangat efektif sebagai alat perjuangan bersama merebut kemerdekaan dari cengkraman kolonial. Semangad nasionalisme dihadapkan secara efektif oleh par penganutnya dan dipakai sebagai metode perlawanan dan kawan.
2.   Bentuk-bentuk Nasionalisme
a.  Nasionalisme kewarganegaraan (nasionalisme sipil)
b.  Nasionalisme etnis atau etnonasionalisme
c.  Nasionalisme romantik
d.  Nasionalisme budaya
e.  Nasionalisme kenegaraan
f.  Nasionalisme agama
(Penjelasan Bentuk-bentuk Nasionalisme)
N. Patriotisme
1. Pengertian Patriotisme
Secara awam, patriotisme berasal dari kata “patriot” dan”isme” yang berarti sifat kepahlawanan atau jiwa pahlawan (Indonesia), yaitu sikap yang berani, pantang menyerah, dan rela berkorban demi bangsa dan negara. Pengorbanan tersebut dapat menyangkut pengorbanan harta, benda, maupun jiwa raga.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik.Kritik dan saran demi kemajuan blog ini akan saya terima dengan senang hati.Jangan lupa untuk Follow blog saya supaya lebih semangat belajar ngeblog.
Terime kaseh